100 Klub Indonesia Berpotensi Tampil di Liga Champions Asia


Jakarta – Konfederasi sepakbola Asia (AFC) mengatakan ada sekitar 100 tim di Indonesia yang berpotensi tampil di Liga Champions Asia. Klub yang akhirnya mendapat kesempatan adalah yang bisa memenuhi kriteria AFC.

Dalam Assesment Workshop yang dilakukan PSSI, klub-klub serta wakil AFC di Hotel Sahid, Rabu (3/8/2011), PSSI memberi waktu hingga 22 Agustus bagi klub- klub untuk memenuhi lima aspek persyaratan yang ditetapkan AFC untuk menjadi klub profesional.

Setelahnya pada 25 Agustus PSSI akan mengumumkan siapa-siapa yang akan bisa tampil di kompetisi format baru musim depan yang direncanakan kickoff 8 Oktober.

Sederhananya adalah PSSI memberikan kesempatan sama besarnya bagi klub ISL, LPI dan Divisi Utama untuk berkompetisi musim depan, asalkan memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Dengan kondisi di mana semua klub memiliki kesempatan sama besarnya, maka hampir semua klub di kasta tersebut juga memiliki kesempatan untuk tampil di Liga Champions Asia (ACL). Penilaian tersebut disampaikan direktur kompetisi dan proyek sepakbola profesional AFC, Tokuaki Suzuki.

“Jika Anda memenuhi kriteria ACL, maka liga domestik bisa dimulai dengan mulus. Untuk sekarang, ada lebih dari 100 klub punya potensi dan kesempatan untuk berpartisipasi di liga profesional dan ACL mulai musim 2012 dan saya ingin semua klub itu masuk kriteria,” ujar Suzuki seperti dikutip dari situs resmi AFC.

AFC memberikan batas waktu kepada Indonesia hingga 14 Oktober mendatang untuk menyelesaikan segala persoalan dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh AFC. Ada pun kriteria yang ditekankan adalah dalam segi finansial dan legal.

“Selain membicarakan itu kami juga mempersiapkan kriteria Asian Champions League bagi klub yang akan ikut serta di kompetisi liga profesional,” jelas Suzuki.

“Tujuan kami dalam kunjungan ke Indonesia ini adalah menjelaskan kriteria ACL dan bagaimana klub-klub di sini bisa mencapai kriteria yang kami minta. Sepakbola Indonesia punya potensi besar untuk persepakbolaan Asia dan itu sebabnya kami memakai kriteria ACL,” tuntas dia.

source : http://detiksport.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s