Review : Italia Permalukan Juara Dunia


Bola.net– Italia berhasil mengandaskan juara Eropa dan juara Dunia, Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion Comunale San Nicola, Bari, Italia, Kamis (11/8) dini hari.

Sejak menit awal babak pertama, Italia sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif penyerangan, lini depan Italia yang dihuni oleh Antonio Cassano dan Giuseppe Rossi sering kali membuat repot pertahanan Spanyol.

Apalagi lini tengah Italia yang dihuni Daniele De Rossi dan Riccardo Montolivo semakin membuat Spanyol bertahan.

Di menit ke-5 hampir saja sebuah skema serangan balik yang dibangun pemain-pemain Italia membuat gawang Iker Casillas bergetar, sayang tendangan kaki kiri Domenico Criscito masih membentur tiang gawang.

Akhirnya di menit ke-10, sebuah umpan manis dari Giorgio Chiellini berhasil dimanfaatkan oleh Riccardo Montolivo.

Tendangan chip Montolivo berhasil mengelabuhi Casillas dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Italia.

Sejak gol dari Montolivo tersebut, Italia terus mendominasi pertandingan, Spanyol seperti tak bisa keluar dari tekanan.

Sebuah tendangan keras dari Giuseppe Rossi hampir saja menambah keunggulan Italia, untungnya Casillas masih mampu menahan tendangan tersebut.

Di menit ke-36 sebuah petaka terjadi di kotak penalti Italia, sebuah tarikan yang dilakukan oleh Chiellini kepada Fernando Llorente berbuah hukuman penalti untuk Italia.

Xabi Alonso yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, tendangan kerasnya mampu mengecoh kiper Italia, Gianluigi Buffon.

Meski berhasil disamakan, para punggawa Italia tak menyurutkan serangannya, kali ini gliran Antonio Cassano yang mendapatkan peluang, namun, lagi-lagi Casillas mampu bermain baik dan mementahkan peluang emas Cassano.

Di babak kedua, baik Italia dan Spanyol banyak mengganti pemainnya, setelah sebelumnya mengganti Gerrard Pique dengan Sergio Busquets, Spanyol mengganti Casillas dengan kiper Barcelona, Victor Valdes.

Selain itu Spanyol juga memasukkan David Villa dan Thiago Alcantara, sedangkan Italia mengganti Thiago Motta dengan Claudio Marchisio, selain itu, Mario Balotelli, Giampaolo Pazzini dan Alberto Aquilani juga masuk.

Dengan masuknya beberapa pemain tadi, permainan jadi lebih hidup, baik Spanyol dan Italia kini mulai saling melancarkan serangan.

Peluang pertama diperoleh Italia melalui tendangan keras Cassano, namun Valdes masih berhasil mengamankan gawang Spanyol dari kebobolan.

Selanjutnya Fernando Llorente kembali membuat Buffon bekerja keras dengan menahan tendangan jarak jauhnya.

Tak berhenti disitu, bola rebound hasil tendangan bebas David Villa hampir membuat Alonso mencetak gol keduanya.

Akhirnya di menit ke-83 tendangan keras Alberto Aquilani dari luar kotak penalti berhasil membuat Viktor Valdes yang masuk menggantikan Iker Casillas terkecoh, karena bola sempat menyentuh pemain belakang Spanyol.

Hampir saja Spanyol kembali berhasil menyamakan kedudukan andai tendangan David Silva tak melayang jauh di atas mistar gawang Italia.

Hingga berakhirnya babak kedua tak tercipta lagi gol, meski kedua tim saling serang, namun hanya satu gol yang tercipta melalui kaki Aquilani, kedudukan tetap 2-1 untuk keunggulan Italia.  (bola/end)

source : http://bola.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s