Review : Jerman Kalahkan Brazil


Bola.net – Tampil sebagai starter, Mario Goetze turut menyumbangkan gol saat Jerman mengakhiri puasa kemenangan 18 tahun mereka atas Brasil. Der Panzersukses menumbangkan tim Amerika Selatan itu 3-2 di Stadion Gottlieb-Daimler, Jerman, Kamis (11/8).

Kedua tim memang saling jual beli serangan dan tampil impresif di babak pertama ini. Apalagi Jerman, yang terakhir memperoleh kemenangan mereka atas Brasil pada tahun 1993 lalu. Namun, rapat dan lugasnya pertahanan kedua tim ini membuat mereka gagal mendapatkan peluang dan gol di babak pertama ini.

Permainan benar-benar berjalan seru di babak kedua ini. Brasil langsung mengambil inisiatif untuk menyerang terlebih dahulu. Belum semenit laga berjalan, Alexandre Pato langsung mengancam. Ia yang lolos dari jebakan offside langsung melepaskan tendangan chip. Bola memang tidak dapat dijangkau Manuel Neuer, akan tetapi bola tersebut masih tipis di kanan gawang Neuer.

Jerman yang di babak ini memasang Miroslav Klose untuk menggantikan Mario Gomez, langsung bereaksi. Pada menit ke-52, sebuah tendangan keras dilepaskan oleh Philippe Lahm dari luar kotak penalti. Hampir saja Julio Cesar melakukan blunder, dan beruntungnya ia karena bola muntah masih menjauh dari kaki pemain Jerman.

Upaya Der Panzer akhirnya berbuah hasil. Mereka mampu unggul terlebih dahulu di menit ke-60 melalui eksekusi penalti Bastian Schweinsteiger. Penati diberikan oleh wasit Viktor Kassai yang menilai Lucio melakukan pelanggaran terhadap Toni Kroos di kotak terlarang.

Belum selesai Jerman berpesta, Stadion Gottlieb-Daimler kembali bergemuruh karena sang wonderkid mereka Mario Goetze sukses menggandakan keunggulan tuan rumah. Toni Kroos kembali berperan dalam lahirnya gol di menit ke-67 ini. Berkat kejeliannya mengirimkan umpan terobosan, Goetze yang lolos dari jebakan offside. Lebih spesial bagi pemain Borussia Dortmund ini, karena gol pertamanya untuk Jerman ini lahir di laga starter pertamanya.

Brasil sempat memperkecil ketertinggalan mereka empat menit usai gol tersebut. Sama dengan gol pertama Jerman, gol pertama Brasil ini juga didapatkan melalui eksekusi penalti karena pelanggaran yang dilakukan oleh Philippe Lahm atas Dani Alves. Robinho yang menjadi algojo berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Jerman 2 dan Brasil 1.

Gol kembali lahir untuk Jerman di menit ke-79. Kali ini Andre Schurrle yang mencatatkan namanya di papan skor kala tendangan first time saat mendapatkan bola sodoran Bastian Schweinsteiger tak mampu ditepis Julio Cesar. Schweinsteiger layak diberikan kredit dalam gol ini atas usahanya sukses merebut bola dari bek brasil dan memberikannya kepada Schurrle. Jerman kembali unggul dua gol, yakni dengan skor 3-1.

Skor 3-1 sepertinya akan menutup laga ini. Namun, tidak bagi kubu Brasil. Seolah tak mau kalah dengan Goetze, wonderkid Selecao, Neymar pun menorehkan namanya di papan skor. Sebuah gol cantik dari luar kotak penalti berhasil ia cetak di tengah bayang-bayang tiga pemain Jerman. Laga pun akhirnya berkesudahan dengan skor 3-2. Dan, Jerman pun berhasil mengakhiri puasa kemenangan 18 tahun mereka atas tim yang mengalahkan mereka di final Piala Dunia 2002 tersebut.  (bola/fjr)

source : http://bola.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s