Review : Barca Ditahan Imbang Milan 2-2


Bola.net – Gol injury timeThiago Silva membuyarkan kemenangan Barcelona dan membuat AC Milan mampu menahan sang juara bertahan dengan skor 2-2 dalam laga perdana Grup H Liga Champions Eropa 2011-2012 di Nou Camp, Rabu dini hari (14/9).

Bertanding di kandang lawan bukanlah alasan bagi Milan untuk memberi kejutan. Sebuah gol cepat yang diciptakan Alexandre Pato membuat pendukung tuan rumah terdiam. Tercatat hanya butuh waktu 24 detik saja bagi Pato untuk menaklukkan Victor Valdes usai dengan cerdiknya ia melewati empat pemain .

Ketinggalan, tak membuat sang juara bertahan ajang ini tersebut patah arang begitu saja. Barca langsung berinisiatif membalas. Namun beberapa kali usaha mereka melalui David Villa masih belum menemui sasaran, atau kalau tidak, Cristian Abbiati mampu menjadi tembok kokoh penghalangnya.

Gelombang serangan Barcelona melalui Lionel Messi seakan tak terhenti. Bahkan, ia mendapatkan dua peluang berturut-turut di menit 29 dan 31. Namun semuanya masih bisa digagalkan oleh Abbiati.

Lini serang Milan semakin berkurang setelah mereka harus kehilangan Kevin Prince-Boateng karena cedera. Massimo Ambrosini masuk menggantikannya pada menit ke-34 itu.

Diserang terus, Milan akhirnya kebobolan juga. Meski Pedro Rodriguez yang mencetak gol di menit ke-36 ini, namun Lionel Messi punya andil besar dalam terciptanya gol ini. Usai melewati tiga pemain Milan di sisi kiri, striker mungil ini dengan jeli mampu mengirimkan umpan ke Pedro yang tak terjaga di tiang jauh. Dengan mudahnya, ia menyamakan kedudukan tanpa mampu dihalau Cristian Abbiati.

Cedera juga menghampiri pemain Barcelona Andres Iniesta dan digantikan oleh Cesc Fabregas pada menit ke-39. Walau Barca tetap menyerang dengan kehadiran Cesc, namun skor sama kuat itu menutup jalannya babak pertama.

Blaugrana langsung menggebrak usai turun minum. Baru tiga menit babak kedua berjalan, Xavi langsung memberikan kejutan kepada Abbiati melalui tendangan jarak jauhnya. Beruntung bagi Rossoneri, kiper mereka masih sanggup menepis tendangan itu dan hanya menghasilkan tendangan sudut saja.

David Villa menjadi pemain yang mengubah keadaan dan membuat Barca berbalik unggul. Tepat pada menit ke-50, ia menciptakan gol berkelas melalui eksekusi tendangan bebas. Bola yang ia arahkan ke sudut kanan gawang Milan, tak mampu ditepis Cristian Abbiati dan membuat skor berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah.

Tak ingin kebobolan lebih banyak lagi, Massimiliano Allegri mulai melakukan rotasi pemainnya. Di menit ke-62 ia memasukkan Urby Emanuelson menggantikan Antonio Cassano. Sementara Alberto Aquilani dimasukkan menggantikan Mark van Bommel pada menit ke-78.

Josep Guardiola menyikapi taktik pelatih lawan dengan juga melakukan hal yang sama. Carles Puyol ia beri kesempatan untuk come back dari cedera panjangnya untuk mengganti Seydou Kieta di menit ke-67, dan menarik keluar Villa untuk digantikan Ibrahim Afellay.

Kemenangan Barcelona buyar begitu saja ketika di injury time Thiago Silva sukses menaklukkan Victor Valdes melalui sundulannya. Sebuah umpan tendangan sudut yang dikirimkan Clarence Seedorf mampu dimaksimalkan bek asal Brasil ini untuk menutup laga dengan skor 2-2.

Hasil seri ini merupakan hasil yang sama dengan apa yang terjadi di pertandingan lainnya dari Grup H. BATE Borisov di luar dugaan mampu menahan imbang tuan rumah Viktoria Plzen 1-1. (bola/mxm)

source : http://bola.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s